Penulis
: Ali Sodikin, fuji indah, halimah, bambang
A. Manajemen
dan Program Siaran
Menurut
James A. F. Stoner, seorang penulis buku dan ahli bidang manajemen, istilah
manajemen diartikan sebagai suatu proses perencanaan, pengorganisasian,
kepemimpinan dan pengendalian upaya dari anggota serta penggunaan semua sumber
daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah
ditetapkan sebelumnya.[1]
Suatu
organisasi atau perusahaan pastinya membutuhkan adanya manajemen untuk mengatur
tetap berjalannya program yang ada dan visi dan misi yang telah ditetapkan.
Demikian halnya dengan diradio siaran yang pastinya membutuhkan sebuah
manajemen yang baik agar radio tetap mengudara dan mendapat tempat dihati
masyarakat dan mendapat banyak pendengar aktif.
Dengan kemampuan teknis dan manajerial.[2]
Manajemen
sebuah stasiun penyiaran merupakan pekerjaan yang penuh tuntutan dan
membutuhkan keahlian, kretivitas serta energi yang tinggi. Oleh karena itu, manajemen
penyiaran membutuhkan orang-orang terbaik. Peralatan lengkap dan canggih saja
tidak akan dengan sendirinya membuat suatu kualitas stasiun penyiaran menjadi
baik. Sebuah stasiun penyiaran akan sukses bila didukung oleh sumber daya
manusia yang dapat menggabungkan kreativitas
Program
pada siaran dibuat agar pendengar dapat menikmati siaran radio sesuai dengan
minat dengarnya. Program merupakan suatu batasan mengenai cirri tentang suatu
acara yang akan diperdengarkan pada siaran radio. Ada beragam jenis format
program di dalam suatu stasiun radio. diantara nya adalah program berita,
musik, drama, talkshow, religi dan
lain-lain.
Sebuah
organisasi radio bekerja dalam sebuah tim yang dipimpin oleh Direktur Utama. Di
radio swasta, biasanya yang menjadi direktur utama adalah pemilik radio
(owner). Dibawah direktur utama adalah General Manager yang bertanggung jawab
atas keseluruhan operasional studio sehari-hari. General manager mengepalai
beberapa manajer didalam sebuah organisasi radio.
Didalam
sebuah penyiaran radio memiliki tatanan atau struktur organisasi agar manajemen yang ada berjalan
dengan baik dan efektif yaitu:
1. Program
Director
Program
Director memegang peranan yang sangat penting disebuah stasiun radio. Bahkan bisa
dibilang Program Director adalah
otaknya radio. Menarik atau tidak nya konsep program sebuah radio siaran akan
sangat bergantung kepada kinerja dan kreativitas Program Director nya. PD bertanggung jawab dalam hal mengatur staff
penyiaran dan jadwal siaran, memantau stasiun untuk menjaga konsistensi dan
kualitas produksi, mengikuti perkembangan pada industri radio, mengatur
penyajian musik, berita serta hiburan maupun iklan.
2. Music
Director
Adapun
tugas dari Music Director (MD) adalah menyeleksi dan mengumpulkan lagu-lagu
yang yang layak menjadi play list dan
diputar. MD juga harus bertanggung jawab untuk memastikan lagu-lagu yang
dihadirkan memang sesuai dengan keinginan pendengar dan segmen yang ditentukan
oleh radio.
3. Produksi
Dibagian
produksi sebuah stasiun radio adalah yang bertanggung jawab terhadap semua
produk pendukung siaran, seperti jingle
radio, spot iklan, promo acara dan lainnya. Sebagai media yang auditif (hanya
bisa didengar) sebuah program siaran radio akan semakin mmenarik bila didukung
oleh efek suara yang menarik pula, dan mampu menunjukkan kreativitas.
4. Redaksi
dan Reporter
Redaksi
adalah komponen yang sangat penting dalam sebuah stasiun radio terutama dalam proses
penyajian informasi. Radaksi bertugas untuk mencari berita, tips dan beragam
informasi lainnya. Reporter merupakan tim untuk mencari berita juga namun
reporter dapat menyampaikan informasi secara langsung (Live Report) jika diperlukan.
5. Penyiar
Penyiar
dalam bahasa Inggris biasa disebut announcer
atau broadcaster yakni orang yang
menyampaikan sesuatu kepada banayk orang. Penyiar radio adalah pegawai sebuah
stasiun radio yang akan berhadapan dan berinteraksi pertama kali dengan
pendengar. Penyiar radio pula akan menjadi pembangun image sebuah stasiun radio. [3]
A. WAWANCARA
DENGAN PROGRAM DIRECTOR RADIO 99,1 MOST FM
Dibawah
ini adalah kutipan-kutipan wawancara kami dengan Bapak Raja Nasution sebagai Program Director dan sekaligus sebagai Manajer di radio 99,1 Most FM, adalah
sebagai berikut:
Kami:
“Bagaimana menurut bapak program manajer dalam sebuah stasiun radio?”
Bapak:
didalam setiap suatu organisasi atau perusahaan tentu ada program dan manajemen
yang dirancang, begitu juga di radio Most FM ini, saya dengan staf-staf bekerja
agar radio ini tetap diminati oleh pendengar dan segmen radio most fm ini
adalah remaja maka kami meng-kemas program yang akan disiarkan yang berkaitan
dengan remaja. Program itu penting untuk kelangsungan sebuah stasiun radio.
Kami:
Pak, bagaimana program yang ada di radio Most FM ini pak?
Bapak:
Program diradio Most FM ini dalam masa revisi pada bulan ini, kami lagi melihat
program mana yang layak untuk naik dan yang tidak naik lagi. Jadi pada saat ini
program diradio most fm ini hanya ada lima yang sedang naik yaitu acara Nonstop
Play hits, Nonstop Request, Selow, Make-up Miranda dan titip salam-titip salam.
Kelima program acara ini akan dinaikkan lagi pada rancangan program karena
banyak diminati oleh pendengar.
Kami:
Bagaimana mengetahui bahwasanya program acara di radio most fm ini banyak
peminat nya atau tidak pak?
Bapak:
sebenarnya jika ingin mengetahui bagaimana agar mengetahui banyaknya pendengar
dalam sebuah acara yang ada, maka cara yang dilakukan adalah survey. Namun
mengetahui hal ini memerlukan biaya yang besar maka kami menilainya dari sosial
media yang ada dimost fm, seperti facebook dan twitter. Disini pihak kami akan
melihat banyaknya Comment atau
ide-ide maupun salam-salam dari pendengar, disini akan tergambar mana pendengar
aktif dan mana pendengar yang pasif. Pendengar yang aktif akan tiap waktu
mengirim ke twitter atau facebook jika siaran yang disukainya sedang berlangsung.
Kami:
seperti yang bapak katakan tadi, berapa lama program acara yang ada diradio
most fm ini akan direvisi?
Bapak:
Program acara yang akan direvisi setiap tiga bulan sekali. Maka setelah tiga
bulan sekali akan dilihat penilaian-penilaian oleh program director dan
staf-stafnya.
Kami:
di radio most fm ini, apa saja-kah tugas dari program director?
Bapak:
ya, tugas dari program director ini adalah mementukan jadwal siaran para
penyiar radio, informasi apa sajakah yang akan di sampaikan dan tentunya
menyeleksi dan mengoreksi skrip atau naskah penyiar. Namun pada saat ini
pengoreksian skrip dan penyeleksiannya ditugaskan kepada penyiar senior
dikarenakan program siaran belum ditetapkan.
Kami:
apakah diradio most fm ini tatanan struktur organisasi nya ada pak?
Bapak:
ya tentunya ada, seperti yang saya katakan tadi bahwasanya setiap perusahaan
atau organisasi ada strukturnya, begitu juga diradio most fm ini. Dimulai dari
adanya Directur, manager atau program director, music director,administrasi,
marketing manajer, quality control, IT Web, produser sampai pada penyiar.
Kami:
ketika ada alat-alat siaran radio mengalami kerusakan, apakah ada tekhnisi yang khusus untuk memperbaiki nya pak?
Bapak:
oo, kalau masalah adanya alat penyiaran yang rusak, maka pihak radio most fm
tidak memiliki tekhnisi khusus, namun akan dipanggil dari luar dan hanya
melakukan kontrak kerja saja.
Kami:
apa saja yang menjadi tugas manajer marketing pak?
Bapak:
adapun tugas manajer marketing adalah mencari iklan, manajer marketing harus
memiliki strategi-strategi yang harus dipakai untuk mencari client agar tertarik dan mempercayakan
produknya diiklan kan diradio kita. [4]
B. KESIMPULAN
Adapun
kesimpulan dari hasil wawancara kami adalah bahwasanya diradio 99,1 most fm
memiliki program manejer yang setruktrur dengan baik, dari adanya directur,
manager atau program director, administrasi, music director, marketing manajer, quality control, IT Web,
produser sampai pada penyiar.
Seorang program director harus mampu
membuat susunan program acara yang dapat menarik pendengar untuk mendengarkan
radio most fm, oleh karena itu seorang program director dituntut untuk memiliki
ilmu dan kreativitas yang tinggi sehingga dengan acara yang disusun sdengan
menarik dan penyiar siaran dengan baik pula maka sebuah radio akan memeliki
tempat dihati pendengar dan meiliki image yang bagus.
Semua
manajerial ini memiliki tugas masing-masing, namun semua nya harus dapat
bekerjasama antara staf yang satu dengan staf yang lainnya. Selain itu dari
hasil wawancara kami dengan bapak Raja nasution bahwasanya diradio most fm
harus wajib memakai PR (public relation) karena dengan adanya siaran radio
menjadi jembatan terhadap pemerintah, terhadap masyarakat dan tentunya kepada
pendegar.
Selanjutnya,
hal terpenting adalah seorang penyiar harus kaya ilmu dan informasi dalam
siaran, karena image sebuah radio akan dilihat dari penyampaian seorang penyiar
kletika sedang siaran. Karena radio adalah media audio yang hanya mengandalkan
suara saja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar