Penulis : Ainal, Ica, Nur, Zakiya
Manajemen
adalah rangkaian dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan guna mencapai tujuan
yang telah ditetapkan dengan menggunakan / mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan
orang lain.[1]
Pelaku kegiatan manajemen dikenal dengan istilah manajer. Tujuan kegiatan
manajemen adalah untuk mengetahui apakah pembangunan dan implementasi kegiatan
penyiaran radio dapat direncanaakn, dilaksanankan, dan dikendalikan, sehingga
rencana bisnis penyiaran radio dapat dunyatakan layak atau sebaliknya. Fungsi
fundamental proses manajemen penyiaran radio adalah perencanaan kegiatan,
pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian penyiaran yang dilaksanakan.
Aspek utama dalam kegiatan manajemen penyiaran radio adalah teknik penyiaran
radio yang dilaksanakan, pemasaran, keuangan, organisasi, dan lingkungan.
Stasiun radio
yang baik pada umumnya memiliki minimal terdapat 3 divisi utama dalam struktur
organisasinya, yaitu divisi program, divisi teknis, dan divisi pemasaran.[2]
Divisi program bertanggunggung jawab dalam perancangan isi dan produksi siaran.
Divisi teknis bertanggung jawab untuk mempersiapkan berbagai saran dan
prasarana penunjang untuk kelancaran program siaran. Divisi pemasaran
bertanggung jawab terhadapa kelancaran pelaksanaan operasional.
Produk siaran merupakan ketrampilam
memadukan wawasan kreatif dan kemampuan mengoperasikan peralatan produksi.
Produk siaran merupakan hasil produk dari suatu stasiun radio yang merupakan
hasil kerja tim sehingga perlu dukungan dan kekompakan.
Program siaran banyak serta beragam kemasan
yaitu :
- Berita informasi, dapat berupa siaran langsung dan tunda
- Iklan, harus dapat mengandung unsur yang menarik pendengar, berisi informasi, berisi informasi, dorongan untuk berubah, harapan dan
- Jinggel ,merupakan gabungan musik dan kata yang mengidentifikasikan kebutuhan stasiun radio
- Talk show, merupakan seni berbicara dan wawncara
- Infotainment
Keunggulan program siaran radio yaitu:
- Materi sesuai pendengar aktual
- Kemasan acara interaktif memikat
- Penempatan waktu siaran pada jam siar utama
- Pembawaan yang kreatif
- interaksi/partisipasi pendengar
Program acara yang dibuat harus dikemas semenarik
mungkin agar dapat meningkatkan minat khalayak untuk mendengarkannya, syarat
program acara yang baik, yaitu:[3]
- Sesuai sasaran
- Harus utuh
- Kemasan bervariasi
- Orisini;
- Kualitas baik
- Bahasa sederhana
Selain memiliki beragam manfaat, radio juga memiliki
beberapa kelemahan antara lain :
- mudah terganggu oleh cuaca
- komunikasinya hanya berlangsung searah
- terlalu cepat
- kurang autentik
- memiliki khalayak yang beragam
- tidak mendetail karena komunikasinya hanya disampaikan secara lisan
Program adalah segala hal yang ditampilkan stasiun
penyiaran untuk memenuhi kebutuhan pendengar.[4] Program juga memiiliki pengertian yang sangat
luas. Program atau acara ialah sajian
yang bisa membuat pendengar tertarik untuk mengikuti siaran yang disajikan
stasiun penyiaran baik itu radio atau televisi.
Temuan
Di Iradio
Bagaimana penyajian materi
program di radio ini? Materi
program di radio haruslah dipilih yang bagus dan yang diharapkan agar disukai
pendengar yang dituju baik dikalangan anak – anak maupun orang dewasa karena Radio harus menentukan siapa pendengarnya dan
memposisikan pendengar sebagai raja.
Berapa banyak biaya yang
dikeluarkan dalam setiap pembelian atau memproduksi sebuah program di radio ini
bang?. Biaya yang harus dikeluarkan untuk memproduksi atau
membeli program melalui iklan.
Bagaimana cara yang dilakukan oleh pihak radio agar
sebuah program dapat berhasil?. Dengan cara pemilihan waktu yang tepat untuk
penayangan sebuah program yang ada di radio


Ada
4 hal yang harus ada pada manajemen i-radio ini yaitu :
1.
Perencanaan
2.
Produksi
3.
Eksekusi
4.
Pengawasan
- Perencanaan yang ada di Iradio Ini Merupakan Perencanan Progrm yang Harus mentargetkan Pemasang iklan Ke radio kami jadi kami buat program acara itu yang memang harus menarik sehingga bnyak yang mau memasukkan iklan ke radio kami
- Adapun yang kami produc dari Iradio ini sebenarnya agar supaya dapat memberikan informasi yang akurat terhadap masyrakat dari setiap kalangan terutama di seluruh indonesia radio. Dan yang kami produc memang harus akurat..
- Pengendalian ini dilakukan langsung pimpinan utama namun sesuai dari masing-masing bagian misalnya saja kesalahan seorang penyiar itu tidaklah langsung diingkan oleh pimpinan utama melainkan kepala siarannya pengawasan Tak terlepas dari pimpinan utama dari setiap bagian yang ada di dalam Iradio ini tapi pengawas dari pihak luar juga di bebenkan oleh kominfo Yang rutin melakukan cek&ricek keradio kami dari semua program acara dan juga peran KPIDSU juga berperan aktif diradio kami karena radio kami merupakan radio yang tergabung dari beberapa radio dalam negeri.
Kesimpulan
Iradio merupakan salah salah satu
stasiun radio besar di Medan dan sekitarnya. Manajemen yang baik menjadi faktor
kunci utama dalam keberhasilan Iradio menjadi stasiun terfavorit dikalangan
remaja. Perbaikan terus-menerus dalam pelaksanaan manajemen menjadi faktor
kunci dalam pelaksanaan manajemen penyiaran radio. Terdapat 4 aspek minimal
dalam manajemen stasiun radio yang harus diperhatikan, yaitu aspek khalayak,
aspek penyiaran, aspek organisasi atau tim kerja, dan aspek keuangan dan kerja
sama.
[1] Handoko, T. H. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan
Operasi. Edisi I. (BPFE. Yogyakarta). 2000. h; 462
[2] Ashadi Siregar, Menyingkap Media Penyiaran Membaca Televisi
Melihat Radio, (LP3Y, Yogyakarta) 2001.h; 154
[3] M Tata risim, Etika Komunikasi Broadcast, (Sahifa,
Bandung), 2008,h;32
[4] Ibid,h;45
Tidak ada komentar:
Posting Komentar