Minggu, 09 November 2014

PROGRAM DAN MANAGEMENT SIARAN IRADIO




Penulis : Ainal, Ica, Nur, Zakiya
Manajemen adalah rangkaian dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan dengan menggunakan / mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan orang lain.[1] Pelaku kegiatan manajemen dikenal dengan istilah manajer. Tujuan kegiatan manajemen adalah untuk mengetahui apakah pembangunan dan implementasi kegiatan penyiaran radio dapat direncanaakn, dilaksanankan, dan dikendalikan, sehingga rencana bisnis penyiaran radio dapat dunyatakan layak atau sebaliknya. Fungsi fundamental proses manajemen penyiaran radio adalah perencanaan kegiatan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian penyiaran yang dilaksanakan. Aspek utama dalam kegiatan manajemen penyiaran radio adalah teknik penyiaran radio yang dilaksanakan, pemasaran, keuangan, organisasi, dan lingkungan.
Stasiun radio yang baik pada umumnya memiliki minimal terdapat 3 divisi utama dalam struktur organisasinya, yaitu divisi program, divisi teknis, dan divisi pemasaran.[2] Divisi program bertanggunggung jawab dalam perancangan isi dan produksi siaran. Divisi teknis bertanggung jawab untuk mempersiapkan berbagai saran dan prasarana penunjang untuk kelancaran program siaran. Divisi pemasaran bertanggung jawab terhadapa kelancaran pelaksanaan operasional.
Produk siaran merupakan ketrampilam memadukan wawasan kreatif dan kemampuan mengoperasikan peralatan produksi. Produk siaran merupakan hasil produk dari suatu stasiun radio yang merupakan hasil kerja tim sehingga perlu dukungan dan kekompakan.
Program siaran  banyak serta beragam kemasan yaitu :
  1. Berita informasi, dapat berupa siaran langsung dan tunda
  2. Iklan, harus dapat mengandung unsur yang menarik pendengar, berisi informasi, berisi informasi, dorongan untuk berubah, harapan dan
  3. Jinggel ,merupakan gabungan musik dan kata yang mengidentifikasikan kebutuhan stasiun radio
  4. Talk show, merupakan seni berbicara dan wawncara
  5. Infotainment
Keunggulan program siaran radio yaitu:
  1. Materi sesuai pendengar aktual
  2. Kemasan acara interaktif memikat
  3. Penempatan waktu siaran pada jam siar utama
  4. Pembawaan yang kreatif
  5. interaksi/partisipasi pendengar
Program acara yang dibuat harus dikemas semenarik mungkin agar dapat meningkatkan minat khalayak untuk mendengarkannya, syarat program acara yang baik, yaitu:[3]
  1. Sesuai sasaran
  2. Harus utuh
  3. Kemasan bervariasi
  4. Orisini;
  5. Kualitas baik
  6. Bahasa sederhana
Selain memiliki beragam manfaat, radio juga memiliki beberapa kelemahan antara lain :
  1. mudah terganggu oleh cuaca
  2. komunikasinya hanya berlangsung searah
  3. terlalu cepat
  4. kurang autentik
  5. memiliki khalayak yang beragam
  6. tidak mendetail karena komunikasinya hanya disampaikan secara lisan
Program adalah segala hal yang ditampilkan stasiun penyiaran untuk memenuhi kebutuhan pendengar.[4]  Program juga memiiliki pengertian yang sangat luas. Program atau acara  ialah sajian yang bisa membuat pendengar tertarik untuk mengikuti siaran yang disajikan stasiun penyiaran baik itu radio atau televisi.
Temuan Di Iradio
Bagaimana penyajian materi program di radio ini?  Materi program di radio haruslah dipilih yang bagus dan yang diharapkan agar disukai pendengar yang dituju baik dikalangan anak – anak maupun orang dewasa  karena Radio harus menentukan siapa pendengarnya dan memposisikan pendengar sebagai raja.
Berapa banyak biaya yang dikeluarkan dalam setiap pembelian atau memproduksi sebuah program di radio ini bang?. Biaya yang harus dikeluarkan untuk memproduksi atau membeli program melalui iklan.
Bagaimana cara yang dilakukan oleh pihak radio agar sebuah program dapat berhasil?. Dengan cara pemilihan waktu yang tepat untuk penayangan sebuah program yang ada di radio
Bagaimana cara menarik penanam modal agar tertarik untuk memasangkan iklan di radio? Caranya menyebarkan proposal ke berbagai perusahaan-perusahaan. Kalau mereka berminat akan menghubungi pihak radio kembali





Ada 4 hal yang harus ada pada manajemen i-radio ini yaitu :
1. Perencanaan
2. Produksi
3. Eksekusi
4. Pengawasan
  1. Perencanaan yang ada di Iradio Ini  Merupakan Perencanan Progrm yang Harus mentargetkan Pemasang iklan Ke radio kami  jadi kami buat program acara itu yang memang harus menarik sehingga bnyak yang mau memasukkan iklan ke radio kami
  2. Adapun yang kami produc dari Iradio ini sebenarnya agar supaya dapat memberikan informasi yang akurat terhadap masyrakat dari setiap kalangan terutama di seluruh indonesia radio. Dan  yang kami produc memang harus akurat.. 
  3. Pengendalian ini dilakukan langsung pimpinan utama namun sesuai dari masing-masing bagian misalnya saja kesalahan seorang penyiar itu tidaklah langsung diingkan oleh pimpinan utama melainkan kepala siarannya pengawasan Tak terlepas dari pimpinan utama dari setiap bagian yang ada di dalam Iradio ini tapi pengawas dari pihak luar juga di bebenkan oleh kominfo  Yang rutin melakukan cek&ricek keradio kami dari semua program acara dan juga peran KPIDSU juga berperan aktif diradio kami karena radio kami merupakan radio yang tergabung dari beberapa radio dalam negeri.
Kesimpulan
Iradio merupakan salah salah satu stasiun radio besar di Medan dan sekitarnya. Manajemen yang baik menjadi faktor kunci utama dalam keberhasilan Iradio menjadi stasiun terfavorit dikalangan remaja. Perbaikan terus-menerus dalam pelaksanaan manajemen menjadi faktor kunci dalam pelaksanaan manajemen penyiaran radio. Terdapat 4 aspek minimal dalam manajemen stasiun radio yang harus diperhatikan, yaitu aspek khalayak, aspek penyiaran, aspek organisasi atau tim kerja, dan aspek keuangan dan kerja sama.


[1] Handoko, T. H. Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi.  Edisi I. (BPFE. Yogyakarta). 2000. h; 462
[2] Ashadi Siregar, Menyingkap Media Penyiaran Membaca Televisi Melihat Radio, (LP3Y, Yogyakarta) 2001.h; 154
[3] M Tata risim, Etika Komunikasi Broadcast, (Sahifa, Bandung), 2008,h;32
[4] Ibid,h;45

Tidak ada komentar:

Posting Komentar